5 Hotel Favorit di Dekat Candi Borobudur

Jika kamu singgah di Yogyakarta, sempatkanlah pergi ke utara. Dari Yogyakarta hingga menuju tempat yang akan kamu tuju cukup ditempuh selama satu jam. Tempat itu adalah wilayah Magelang, Jawa Tengah. Di Magelang lah, kamu akan menemukan warisan Nusantara yang menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia, Candi Borobudur.

Sejak dibuka untuk umum, Candi Borobudur mampu menarik perhatian wisatawan. Tidak hanya dalam negeri melainkan juga mancanegara. Berbondong-bondong wisatawan ingin mengenal lebih dekat Candi Borobudur. Sehingga, mereka pun mencari tempat menginap atau hotel di dekat Candi Borobudur.

Di sana, ada puluhan hotel yang berdiri. Mulai dari yang bergaya klasik hingga modern. Mulai dari yang harga terjangkau hingga harga real estate. Dari yang jarak dekat hingga agak jauh. Semuanya tergantung keinginan dari wisatawan.

Banyak wisatawan yang memilih untuk menginap di hotel karena mengejar momen. Iya, waktu terbaik untuk menikmati Candi Borobudur ketika pagi menjelang matahari terbit dan sore menjelang matahari terbenam.

Oleh karena itu, mereka pun rela menyisihkan sebagian waktunya untuk menunggu momen dan memilih singgah di hotel. Di bawah ini ada lima rekomendasi hotel di dekat Candi Borobudur.

1. Plataran Borobudur Resort & Spa

Satu hal citra yang ditimbulkan dari Plataran Borobudur adalah eksklusif. Hal ini terlihat dari bermacam-macam fasilitas kelas wahid yang diterima wisatawan. Salah satu fitur tersebut adalah wisatawan mampu melihat matahari terbit di atas dek. Sesuatu yang jarang didapatkan ketika wisatawan menginap di hotel dekat Candi Borobudur.

Tidak hanya menyuguhkan panorama di dek melainkan juga menyediakan kuliner baik khas Nusantara maupun mancanegara. Jika kamu suka berenang, nikmati pengalamanmu di kolam renang yang sungguh luas. Yang unik adalah kamu bisa menemukan kandang kuda di sini.

Nah, ini yang paling menyenangkan. Waktu tempuh dari Plataran menuju Candi Borobudur sangat singkat. Kamu hanya butuh waktu tidak lebih dari menit saat mengendarai kendaraan bermotor menuju Candi Borobudur.

2. Amanjiwo Resort

Kamu akan merasakan pengalaman tak terlupakan sepanjang usia ketika berkesempatan menginap di Amanjiwo Resort. Berbagai situs perjalanan menempatkan Amanjiwo sebagai hotel paling eksklusif di Magelang. Wajar, sih, karena aneka fasilitas luxury tersedia di sana.

Interior yang dipasang terinspirasi dari susunan batu Candi Borobudur. Sehingga, seakan-akan wisatawan sangat dekat dengan salah satu keajaiban dunia tersebut. Letaknya sangat strategis. Kamu bisa menemukan hamparan hijau di sisi Kedu dan perbukitan Menoreh di sisi sebaliknya.

Kamar-kamar yang tersedia lain daripada yang lain. Sangat besar dan luas. Sehingga, tidak mengherankan apabila setiap kamar memiliki kolam renang. Sungguh tidak bisa dibandingkan dengan hotel-hotel sekitar Candi Borobudur.

Waktu tempuh menuju ke candi dari hotel pun cukup dekat. Wisatawan hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari tujuh menit. Jadi, berminat menginap di resort yang pernah disinggahi oleh David Beckham beserta keluarganya?

3. Amrta Borobudur

Jika kamu ingin menginap di hotel dengan nuansa arsitektur Jawa yang kental, Amrta Borobudur adalah pilihannya. Ketika kamu menginjakkan pertama kali di sana, kamu akan disambut dengan sesuatu yang unik.

Di sana, fasilitasnya sangat rapi dan detail. Hal ini terlihat pemilihan dan penggunaan ubin sebagai hiasan di kamar mandi. Agar tampak lebih cerah, ubin tersebut berwarna-warni.

Maka dari itu, kamu akan mengalami sensasi yang menarik sekaligus unik. Pemandangan di luar hotel sungguh menakjubkan. Asri dan nyaman. Apalagi ditambah dengan derasnya aliran sungai. Seperti tinggal di rumah sendiri.

Kamu hanya butuh waktu kurang lebih sepuluh menit untuk mencapai Candi Borobudur. Dekat, bukan?

4. Tingal Laras Art

Jika kamu ingin menginap di dekat Candi Borobudur namun dengan biaya terjangkau, tak ada salahnya singgah di Tingal Laras Art. Meskipun berbentuk homestay, akan sangat menyenangkan menginap di sana.

Berbagai ornamen seperti patung Budha dan lukisan Candi Borobudur dihadirkan untuk menambah semarak suasana. Layaknya homestay, kamu bisa menikmati segala fasilitas yang tersedia.

Dengan waktu tempuh tidak lebih dari 10 menit, Tingal Laras Art menjadi alternatif yang tepat untuk menginap di dekat Candi Borobudur.

5. The Manohara

Inilah satu-satunya hotel yang bermukim di kompleks Candi Borobudur. Dengan lanskap yang indah, Manohara memiliki interior kamar dengan arsitektur Jawa modern. Tidak hanya interior, fasilitas yahud juga diberikan demi kepuasan pelanggan.

Seperti fasilitas gratis masuk ke Candi Borobudur. Kemudian, tur untuk menikmati matahari terbit maupun terbenam di dekat candi. Yang tidak kalah menarik adalah paket spesial khusus piknik sehingga memudahkan pelanggan untuk berjalan-jalan.

Itulah lima hotel di dekat Candi Borobudur yang layak kamu coba. Sebenarnya masih ada hotel-hotel yang unik dan menarik belum dicantumkan di sini. Akan tetapi, setidaknya lima hotel tersebut bisa menjadi pilihanmu untuk menginap di dekat Candi Borobudur.

Selain kamu bisa mengetahui apa yang menarik di beragam hotel tersebut, kamu juga bisa mengabadikan momen pemandangan dan suasana candi dari hotel melalui gawai atau kamera.

Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika mengunjungi Candi Borobudur!