8 Solusi untuk Mengatasi Masalah Mengelola Persedian Produk di Gudang

Pengelolaan stok barang di dalam gudang pada sebuah perusahaan dagang atau pun ritel sangatlah penting untuk dilakukan. Pengelolaan stok barang yang buruk akan berdampak pada berkurangnya nilai penjualan barang serta modal yang tertahan tanpa adanya pemasukan yang seimbang atau lebih yang dapat menghasilkan kerugian bagi sebuah perusahaan dan juga perusahaan akan kehilangan pelanggan yang disebabkan oleh hilangnya kepercayaan dari pelanggan tersebut atas cara kerja penjualan pada perusahaan tersebut (cara kerja penjualan yang buruk).

Jika persediaan atau stok barang yang tersimpan terlalu banyak dalam gudang maka akan meningkatkan resiko kerusakan barang dan akan meningkatkan biaya operasional yang harus dibayarkan oleh perusahaan seperti biaya penyimpanan barang dan biaya lainnya. Sebaliknya, jika persediaan atau stok barang yang tersimpan terlalu sedikit maka resiko atas kekurangan persediaan atau barang yang nantinya akan dijual kepada para pelanggan akan semakin besar dan hal ini sangat merugikan perusahaan.

Perusahaan yang seharusnya dapat menjual berapa banyak barang tersebut terhadap satu pelanggan atau lebih dan mendapatkan keuntungan berlipat ganda, kesempatan tersebut akan hangus seketika karena keterbatasan persediaan stok barang yang ada dalam gudang.

Untuk mengatasi masalah pengelolaan stok barang (kelebihan dan kekurangan stok barang dan masalah lainnya) di gudang pada sebuah perusahaan maka akan dibahas 8 solusi yang akan membantu dalam memecahkan masalah pengelolaan stok barang dalam gudang. Berikut 8 solusi mengatasi masalah pengelolaan stok barang di gudang, yaitu antara lain:

1. Membuat daftar dan informasi stok barang

Pembuatan daftar stok barang dan informasi yang dilengkapi dengan jumlah stok barang yang tersedia di dalam gudang amat penting untuk dilakukan. Dengan adanya daftar dan informasi mengenai stok barang, para pelanggan akan lebih mudah dan cepat dalam mencari barang yang diinginkannya untuk dibeli sehingga mereka tidak perlu menunggu terlalu lama atas informasi barang tersebut.

2. Melakukan perhitungan stok barang secara berkala

Jika stok barang dalam gudang tidak dilakukan perhitungan secara berkala maka akan mengalami masalah dalam pengelolaan stok seperti perbedaan jumlah stok barang dan penyusutan stok barang yang susah untuk diketahui. Untuk barang yang lebih cepat terjual atau paling laku dari barang lainnya, dapat dilakukan perhitungan stok setiap minggunya. Sementara untuk barang yang jarang terjual dapat dilakukan perhitungan stok setiap bulannya.

3. Menjaga kerapian tempat penyimpanan stok barang

Tempat penyimpanan stok barang yang rapi akan membuat barang-barang lebih mudah untuk ditemukan. Perusahaan dapat mengatur barang yang lebih cepat terjual untuk ditaruh paling depan ataupun dapat diatur dengan membagi barang tersebut sesuai dengan kategori atau kelompoknya.

4. Menggunakan wadah atau kontainer untuk menaruh barang

Salah satu cara untuk menjaga agar tempat penyimpanan stok barang tidak berantakan adalah dengan menaruh barang ke dalam kontainer sesuai dengan kategori masing-masing barang tersebut.

5. Memberi label pada setiap kontainer yang ada

Perusahaan juga dapat memberikan label yang bertuliskan nama kategori persediaan barang pada setiap kontainer yang tersedia sesuai dengan penggolongan barang-barang yang ada di dalam masing-masing kontainer tersebut.

6. Menggunakan rak-rak tinggi

Penggunaan rak tinggi untuk menyimpan persediaan barang dapat menghemat tenaga dan waktu dalam mengelola stok barang karena dengan penyimpanan barang di rak tinggi tersebut akan menghindari penumpukan barang antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan adanya rak tinggi, ruang tempat penyimpanan stok barang menjadi lebih efisien jika dibandingkan melihat tumpukan barang yang berantakan.

7. Menggunakan sistem digital dalam mengelola stok barang

Di era sekarang ini, dimana teknologi menjadi semakin canggih, membuat para perusahaan dapat melakukan pengelolaan stok barang dengan mudah dan cepat. Perusahaan kini tidak perlu mengelola stok secara manual dimana dicatat dalam sebuah buku.

Sekarang, perusahaan disediakan sistem digital atau software yang dirancang sistematis dalam melakukan pengelolaan stok barang yang berupa penginputan barang masuk dan barang keluar, pencatatan jumlah minimum stok sebagai notifikasi jika ingin menambah stok kembali atau agar dapat mengetahui jika persediaan barang hampir habis, serta sisa stok barang yang tersedia yang secara otomatis akan berkurang jika terjadi pembelian.

8. Tepat waktu dalam pemesanan kembali persediaan barang

Dengan adanya software yang dirancang khusus untuk membantu mengelola stok barang di gudang, maka perusahaan dapat mengetahui sisa stok barang yang masih tersedia dalam gudang dengan mudah dan cepat.

Dengan demikian, perusahaan akan mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan kembali persediaan barang yang dibutuhkan kepada para supplier sehingga meminimalisir terjadinya kekurangan stok barang yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat menjual barang-barangnya secara teratur dan tepat waktu kepada para pelanggan sehingga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan tersebut.

Untuk semakin memudahkan Anda dalam mengatasi masalah pengelolaan ketersedian barang di Gudang, Anda dapat juga memanfaatkan aplikasi pengelola stock. Salah satu yang dapat digunakan adalah Jurnal.id, kami merekomendasikan aplikasi ini karena sudah terbukti membuatk pengelolaan stok barang lebih efisien.

Jurnal.id adalah sebuah software akuntansi online berbasis cloud untuk mengatur sistem pembukuan yang lebih baik bagi pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun. Untuk halaman aksesnya dapat melalui link berikut ini https://www.jurnal.id/id/fitur/produk-inventory/aplikasi-stok-barang/.

Jurnal.id juga dapat menghubungkan business owner dengan akuntan profesional yang akan membantu pebisnis untuk mengelola dan merangkai rencana keuangan mereka serta menghemat waktu dari proses administrasi dan operasional dengan harga efisien, cepat, dan efektif sehingga mereka dapat lebih fokus dalam mengembangkan usahanya.

Demikian pembahasan mengenai solusi dalam mengatasi masalah pengelolaan stok barang di gudang pada sebuah perusahaan. Semoga penjelasan yang disampaikan dapat memberikan pengetahuan sehingga tidak terjadi lagi masalah dalam mengelola stok barang yang semakin banyak dan beragam jenisnya.