Apa itu WhatsApp Business API dan Apa Bedanya Dengan Versi Biasa?

Apa itu WhatsApp Business API? Pertanyaan ini pasti masih terngiang-ngiang dikepala para pelaku usaha. Tidak bisa dipungkiri, bahwasannya hanya beberapa saja yang sudah memahami tools canggih tersebut. Ketika baru pertama kali mendengar, Anda bakal mengira ini sama seperti aplikasi WhatsApp Business di Play Store. Padahal, keduanya sangatlah berbeda meski sama-sama ditujukan untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen.

Daripada semakin penasaran, baca dan pahami baik-baik uraian ringkas dibawah.

Pengertian WhatsApp Business API

WhatsApp Business API adalah varian terbaru dari aplikasi WhatsApp Business yang dibekali serangkaian fitur lebih canggih. Sehingga, pemilik usaha bisa meningkatkan layanan dan berinteraksi dengan pelanggan lebih efisien.

Platform ini akan menghubungkan akun WhatsApp bisnis dan aplikasi perusahaan secara otomatis sehingga menjadi sistem terpadu. Anda tidak perlu khawatir soal keamanan, WhatsApp menjamin tidak ada data yang bocor kepada pihak lain.

Semua isi chat, audio, dokumen dan video hanya bisa diakses oleh pelanggan dan pemilik bisnis yang terlibat didalam percakapan. Bahkan perusahaan Facebook dan WhatsApp sekalipun tidak bisa melihat data-data tersebut.

Salah satu fitur canggih dari WhatsApp Business ini adalah Chatbot. Pengguna bisa menjadikan Chatbot sebagai asisten virtual untuk merespon setiap pesan secara otomatis.

Apakah WhatsApp Business API Gratis?

WhatsApp Business API adalah sebuah tools berbayar dan bukanlah gratisan. Pemilik bisnis atau perusahaan perlu membayar setiap sesi percakapan atau pesan yang dilakukan dengan pelanggan.

Hal itu memang sudah wajar, karena pengguna bisa menikmati banyak fitur canggih yang akan memberi pengalaman terbaik untuk berinteraksi kepada konsumen.

Perbedaan WhatsApp Business Biasa dan API

Perbedaan pertama dari segi cara mendapatkan keduanya. WhatsApp Business bisa Anda unduh gratis di App Store dan Google Play Store. Tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan dan menikmati fitur-fitur didalamnya.

Sementara itu, cara mendapatkan WhatsApp Business API harus berlangganan kepada Business Solution Partner. Setelah membayar biaya langganan, barulah kemudian Anda bisa menggunakan dan menikmati fitur yang ditawarkan.

WhatsApp Business biasa cocok dipakai oleh pelaku UMKM yang ingin memaksimalkan interaksi dengan konsumen. Fitur-fitur didalamnya sudah cukup memudahkan dalam berinteraksi dan memperkenalkan bisnis Anda kepada konsumen.

Seperti halaman profil lengkap, balas pesan otomatis, mengelompokkan pesan, dan membuat shortlink. Semua fitur tersebut bisa dinikmati gratis.

Disisi lain, WA Business API ditujukan untuk perusahaan besar yang setiap harinya menerima chat dalam jumlah sangat besar. Karena berbayar, tools ini pastinya memiliki fitur-fitur lebih komplit dan canggih.

WhatsApp Business biasa hanya bisa digunakan oleh 2 admin secara bersamaan, yaitu 1 PC dan 1 HP. Sedangkan jumlah pengguna WhatsApp Business API tidak terbatas, ia mendukung berapapun device yang menggunakan secara bersamaan.

Urusan backup data, WA Business API lebih praktis karena menyimpan dan menyinkronkan riwayat chat secara otomatis. Pengguna WA Bisnis biasa perlu melakukannya manual.

Pada versi API, pengguna tidak perlu menyimpan nomor dan nama kontak, proses ini dilakukan otomatis. Lagi-lagi, WhatsApp Business biasa harus dilakukan secara manual.

Salah satu kelemahan aplikasi WhatsApp Business yang ada di App Store dan Play Store adalah hp harus selalu aktif agar bisa memakainya di perangkat desktop. Apabila di hp terputus, maka perangkat desktop tidak bisa menggunakannya.

Namun, akun WhatsApp Business API selalu aktif selama nomor yang dipakai mendaftar masih aktif. Bicara soal akun, WA Bisnis API memberikan tanda centang hijau kepada pengguna, sedangkan versi biasa tidak.

Terakhir, pengguna bisa mengintegrasikan WA Bisnis API dengan berbagai macam aplikasi. Fitur ini tidak tersedia untuk versi biasa.

Gunakan WhatsApp API untuk Mempercepat Bisnis Anda

Jadilah pengguna yang bijak dengan menggunakan fitur pesan blast sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika ingin melakukan pengiriman notifikasi massal, gunakanlah Whatsapp blast API melalui partner resmi Whatsapp seperti Qontak.com

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya atau solusi omnichannel serta WhatsApp CRM.

Qontak.com telah menangani klien dengan berbagai skala dan jenis industri untuk mendapatkan akun bisnis WhatsApp terverifikasi.  Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu 3000+ perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Keunggulan WhatsApp API Qontak

  • WhatsApp API di perangkat tak terbatas dilengkapi dengan routing agen
  • Otomatiskan notifikasi WhatsApp dan blast pesan
  • Chatbot yang dapat disesuaikan telah tertanam di sistem WA API
  • Integrasi WhatsApp API dan channel percakapan & media sosial lainnya
  • Termasuk sistem penjualan & layanan pelanggan yang canggih
  • Jaminan harga terbaik untuk sebuah sistem end to end

Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda. Jadi tunggu apa lagi?