Berikut Cara Memulai Proses Recruitment yang Benar

 

Dalam menciptakan SDM berkualitas dan profesional di suatu perusahaan, kuncinya ada pada proses rekrutmen calon pegawai tersebut.

Tujuan dilakukannya rekrutmen ini adalah untuk menyediakan kelompok dari calon kandidat yang kualitasnya baik, sejalan dengan strategi yang dimiliki perusahaan, menambah wawasan serta nilai perusahaan, dan membantu mengurangi adanya kemungkinan dari pengurangan jumlah karyawan.

Tahapan dalam Proses Rekrutmen yang Tepat Demi Kandidat Terbaik

Tak hanya memenuhi kebutuhan SDM yang kompeten di perusahaan, tetapi rekruitment juga diperlukan untuk peningkatan citra perusahaan yang lebih dinamis dan juga berkualitas. Berikut ini tahapan dan langkah yang tepat dalam proses rekrutmen di suatu perusahaan:

Menganalisis Kebutuhan Posisi dengan Posisi

Tentukan dahulu bagaimana kebutuhan dalam rekruitmen karyawan baru di perusahaan. Apabila karyawan yang lama tak bisa memperoleh bantuan tenaga dari karyawan baru, maka beban kerja pun akan terus meningkat dan kinerja karyawan lama akan menurun.

Merencanakan Proses Rekrutmen

Proses berikutnya dalam rekruitmen ini adalah dengan mempersiapkan rencana untuk posisi apa saja yang diperlukan. Tuliskan apa saja deskripsi dari kualifikasi, pekerjaan, hingga pengalaman apa saja yang diperlukan perusahaan dari kandidat.

Tentukan juga di mana iklan perekrutan ini apakah melalui media cetak atau secara online saja. Identifikasi juga siapa yang akan menjadi penanggung jawab dari SDM, pemantau proses, melakukan sesi wawancara dan sebagainya.

Memasang Iklan Lowongan Pekerjaan

Setelah itu tim dari pengembangan SDM bisa mengumumkan lowongan pekerjaan secara internal terlebih dulu. Setelah itu pilih media yang tepat untuk menerbitkan informasi lowongan kerja tersebut.

Bisa juga dengan menggunakan portal khusus dalam mencari pekerja secara online.

Memproses Lamaran Pekerjaan dan Melakukan Wawancara

Untuk jenis iklan pekerjaan yang efektif maka pelamar akan berdatangan dengan cepat. Siapkan juga kriteria yang dibutuhkan dalam penyeleksian kandidat sebelum para pelamar berdatangan.

Memilih Kandidat yang Cocok

Apabila semua prosesnya sudah selesai dilakukan, maka tim dari HRD pun siap menyeleksi kandidat yang sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Solusi Hiring Terbaik dalam Mencari Kandidat yang Tepat dengan Shortlyst

Dalam membantu menilai proses rekrutmen yang tepat ada baiknya Anda menggunakan hiring tool khusus seperti Shortlyst, untuk lebih memudahkan prosesnya. Sederet kelebihan dari Shortlyst di bawah ini akan membantu Anda menemukan kandidat yang tepat:

Harga Bersahabat

Ketahuilah bahwa harga dari Shortlyst ini lebih bersahabat karena lebih terjangkau dari harga pasaran. Mulai dari 23 USD saja maka Anda sudah bisa menggunakan software tersebut, atau setidaknya harganya hanya 5% dari software buatan LinkedIn.

Terdapat 600 Juta Lebih Profil Kandidat

Bukti bahwa banyak orang yang menggunakan software ini adalah jumlah profil kandidat yang mencapai 600 juta lebih, dan bisa diakses langsung dari seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Fiturnya yang Mendukung

Bukan hanya lengkap tapi banyak juga fitur-fitur yang mendukung terjadinya proses rekruitmen yang tepat.

Misalnya proses perekrutan yang dilakukan seperti bekerja sama dengan tim, bisa saling melakukan tag antar setiap kandidat dengan rekruter, dan masih banyak lagi jenis fitur lainnya yang juga mendukung.

Bisa Diintegrasikan pada Berbagai Platform

Keuntungan lainnya yang bisa diperoleh dari pemakaian software ini adalah dapat terintegrasi langsung dengan berbagai macam platform yang diinginkan. Misalnya dengan aplikasi Whatsapp, dengan Lingkedin, Slack, email, dan sebagainya.

Sederet kelebihan dari Shortlyst ini akan membantu Anda melalui tahapan proses rekruitmen dengan langkah yang tepat.