Cara Menonaktifkan Atau Menghapus Akun Facebook Anda

Facebook telah lama dikenal mengambil, menyimpan, dan menjual knowledge Anda dan terus membuat Anda mengevaluasi kembali bagaimana media sosial bisa melindungi privasi Anda. Apakah Anda ingin beristirahat sejenak atau menghapus akun Facebook Anda selamanya, berikut panduannya.

Apa Perbedaan Antara Deaktivasi dan Penghapusan?
Ada dua cara untuk menghapus akun Anda di Facebook. Anda dapat menonaktifkan akun Anda sementara atau menghapusnya selamanya. Yang pertama memungkinkan Anda untuk mengaktifkan kembali akun Anda, sedangkan yang terakhir adalah opsi permanen — tidak ada jalan untuk mengkatifkan kembali.

Menonaktifkan akun Anda berguna ketika Anda ingin istirahat sementara waktu dengan kemampuan dapat kembali online tanpa harus menyiapkan akun baru. Saat dinonaktifkan, tidak ada yang dapat melihat profil Anda, tetapi nama Anda mungkin masih muncul di daftar teman Anda. Selain itu, Anda masih dapat menggunakan Facebook Messenger saat akun Anda dinonaktifkan, yang memungkinkan Anda tetap terhubung dengan rekan dan teman Anda.

Menghapus akun Anda bersifat permanen. Ketika Anda memilih opsi ini, Anda tidak akan dapat mengaktifkan kembali akun Anda. Semua pos, foto, video, dan semua yang terkait dengan akun Anda akan dihapus selamanya. Karena tidak dapat menggunakan Facebook Messenger, Anda tidak akan dapat menggunakan fitur Login Facebook yang mungkin Anda gunakan pada aplikasi atau situs internet pihak ketiga saat login/mendaftar.

Beberapa informasi, seperti pesan yang Anda kirim ke teman di kotak masuk mereka, masih dapat dilihat oleh mereka setelah Anda menghapus akun Anda.

Cara Menonaktifkan Akun Facebook Anda
Jika Anda sama sekali tidak siap untuk menghapus akun Facebook Anda tetapi ingin berhenti dari media sosial, Anda dapat menonaktifkan akun Anda sementara.

Buka situs internet Facebook di komputer Anda, klik panah yang menghadap ke bawah di sudut kanan atas layar, lalu pilih “Pengaturan” dari listing tersebut.

Selanjutnya, dari panel di sebelah kiri, klik “Informasi Facebook Anda” dan kemudian pilih “Nonaktifkan dan Penghapusan” dari daftar opsi.

Pilih tombol di sebelah “Nonaktifkan Akun” dan kemudian klik tombol “Lanjutkan ke Penonaktifan Akun” untuk melanjutkan.

Di halaman berikutnya, Anda harus memasukkan kata sandi Anda untuk melanjutkan dan memberikan alasan menonaktifkan Facebook.

Pilih dari daftar opsi, berikan penjelasan lebih lanjut — jika perlu — pilih e mail yang akan datang, dan pilih apakah akan tetap menggunakan Messenger. Setelah mengisi formulir ini, klik tombol “Tutup“.

Cara Menghapus Akun Facebook Anda Secara Permanen

Centang kotak di sebelah “Hapus Akun Selamanya” dan kemudian klik “Lanjutkan ke Penghapusan Akun“.

Sebelum Anda melanjutkan, Facebook akan memperingatkan Anda tentang konsekuensi yang terjadi apabila Anda menghapus akun secara permanen.

Cadangkan semua knowledge yang ingin Anda simpan dan, jika Anda yakin ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda, klik tombol “Hapus Akun“. Setelah proses penghapusan dimulai, Anda tidak akan dapat mengaktifkan ulang akun atau mengambil konten atau informasi apa pun yang telah Anda tambahkan.

Meskipun Anda telah memilih untuk menghapus akun, masih ada jeda 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun Anda. Facebook melakukan ini jika Anda memiliki perubahan yang tiba-tiba dan memutuskan kembali apakah Anda ingin tetap memilikinya. Cukup dengan log in Facebook dan masuk dengan e-mail dan password Anda untuk memulihkan akun Anda.