Cara Menonaktifkan Facebook Sementara Dan Permanen

Menonaktifkan facebook bisa dilakukan hanya untuk sementara waktu maupun untuk selamanya. Sebelum kamu melakukan cara menonaktifkan facebook, tentu saja kamu harus menimbang kembali apakah keputusan ini kamu ambil secara matang atau hanya emosi sesaat.

Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar di dunia, meskipun ada banyak efek negatif, namun tidak sedikit yang mampu memanfaatkan Facebook untuk berbagai hal. Sehingga banyak orang yang bisa bekerja bahkan lewat facebook.

Oleh karena itu, jika kamu ingin menonaktifkan facebook tentu saja sudah mempertimbangkan akibat yang akan kamu terima selanjutnya. Misalnya, karena menonaktifkan fb, kamu bisa kehilangan kontak orang orang yang hanya berteman di facebook. Atau akibat lainnya adalah kamu akan kehilangan informasi yang biasanya up to date yang sering ada di fb.

Jika kamu sudah yakin untuk menghapus akun facebook, kali ini aku akan membagikan cara menonaktifkan facebook secara mudah. Ada dua cara, yaitu menonaktifkan untuk sementara maupun menghapusnya secara permanen.

Selain itu, jika penyebabmu menghapus fb adalah karena banyaknya notifikasi atau komentar, maka di bawah nanti aku juga akan bagikan cara menonaktifkan komentar dan notifikasi. Barangkali setelah tahu kalau komentar dan notifikasi bisa dinonaktifkan, kamu tidak jadi menghapus akun facebook yang kamu miliki.

Metode yang akan aku bahas ini tentu saja untuk menghapus akun milik sendiri. Kalau cara menonaktifkan fb orang lain tanpa login mungkin dibahas di kesempatan lain. Dan tentu saja, tindakan seperti itu sebenarnya tidak dibolehkan karena melanggar kepemilikan.

1. Cara Menonaktifkan fb untuk Sementara Waktu
Menonaktifkan fb untuk jangka waktu tertentu sangat cocok bagi kamu yang hanya ingin vaccum dari fb. Misalnya kamu sedang dalam kesibukan di dunia nyata sehingga tidak ingin terganggu dengan facebook di dunia maya.

Metode ini juga cocok digunakan jika kamu merasa sedang tidak memerlukan fb, tetapi kemungkinan di masa yang akan datang akan dibutuhkan kembali. Sehingga nantinya kamu bisa kembali sewaktu waktu untuk mneggunakan facebook.

Intinya, menonaktifkan facebook ini adalah sampai dengan waktu yang kamu inginkan. Ketika kamu menggunakan facebook kembali, maka otomatis akun facebook kamu akan kembali aktif dan dapat digunakan.

Untuk melakukan metode ini, silakan ikuti langkah langkah berikut ini.

* Buka facebook di browser HP maupun di Laptop
* Login dulu kalau belum login
* Klik tanda dropdown di pojok kanan atas
* Klik Settings/Pengaturan
* Pilih ‘Informasi Facebook Anda’
* Lihat ke bawah bagian ‘Penonaktifan dan Penghapusan’ kemudian klik ‘Lihat’

Kamu juga bisa mengunjungi halaman ini /deactivate_delete_account/ untuk langsung menuju halaman penghapusan akun ini.

* Pilih ‘Nonaktifkan Akun’ kemudian klik ‘Lanjutkan ke Penonaktifkan Akun’
* Masukkan kata sandi Facebook untuk mengonfirmasi dan klik ‘Lanjutkan’
* Tunggu hingga proses selesai

Nah hanya begitu saja cara menonaktifkan facebook untuk sementara waktu. Orang lain sudah tidak dapat menemukan akun fb kamu.

> Baca juga: Trik Cara Download Video di Facebook tanpa Aplikasi

Namun, karena bersifat sementara, maka kamu bisa mengaktifkan akun fb dengan sangat mudah. Bagaimana cara mengaktifkan akun facebook sendiri yang dinonaktifkan? Login saja. Ya, hanya dengan login ke akun facebook yang dinonaktifkan akan membuat akun kamu aktif kembali. Sehingga kamu tidak perlu melakukan berbagai langkah untuk mengaktifkannya.

2. Cara menonaktifkan fb Pemanen
Metode menghapus akun facebook secara permanen ini ditujukan untuk kamu yang sudah benar benar tidak akan menggunakan akun facebook lagi. Misalnya kamu merasa bahwa facebook tidak lagi berguna atau terlalu mengganggu.

Selain itu, misalnya kamu sudah memiliki akun fb baru yang lebih keren nama dan usernamenya maka perlu menghapus akun facebook lama. Ya, ini adalah hal yang wajar karena nama dan username facebook memiliki batasan untuk mengganti nama dan username.

Sebelum melakukan penghapusan akun facebook secara permanen, tentu saja kamu perlu mempertimbangkan betul betul. Pastikan kamu yakin menghapuskan dan tidak akan disesali di kemudian hari. Hal ini karena ketika akun fb sudah dihapus, maka sangat tidak mudah untuk mengembalikannnya kembali.

Untuk melakukan penghapus akun facebook, kamu bisa mengikuti langkah langkah di bawah ini.

* Buka fb di browser HP atau di Laptop
* Login facebook terlebih dahulu apabila belum
* Klik dropdown di bagian kanan atas
* Klik ‘Settings/Pengaturan’
* Klik bagian ‘Informasi Facebook Anda’
* Geser ke bawah pada bagian ‘Penonaktifan dan Penghapusan’ dan klik ‘Lihat’

Kamu juga bisa mengunjungi halaman ini /assist/delete_account/ agar tidak ribet.

* Pilih ‘Hapus akun selamanya’ dan klik ‘Lanjutkan untuk menghapus akun’
* Lakukan pengaturan dan pencadangan

Pada langkah ini, kamu akan diminta untuk melakukan pegaturan dan pencadangan. Pencadangan dilakukan jika kamu memiliki data information penting yang perlu diamankan sebelum akhirnya kamu benar benar menghapuus akun. Hal ini penting karena nantinya data tidak akan dapat diakses lagi ketika akun fb sudah dihapus.

Kemudian pengaturan dilakukan terutama jika kamu memiliki grup atau halaman yang kamu buat dan kamu satu satunya admin. Kamu perlu menyerahkan atau mewariskan halaman dan grup tersebut kepada orang lain agar dapat dikelola.

* Klik ‘Hapus Akun’
* Masukkan password untuk melakukan konfirmasi
* Tunggu hingga proses selesai

Nah itu tadi langkah langkah bagaimana cara menghapus fb secara permanen secara mudah. Pastikan kamu mengikuti dan membaca setiap langkahnya dengan element. Jangan sampai kamu tidak membaca informasi penting yang diberikan oleh Facebook sehingga menyebabkan kamu kehilangan knowledge berharga dari fb.

3. Cara mematikan komentar facebook
Seperti aku jelaskan sebelumnya, jika kamu ingin menghapus akun fb hanya karena sering terganggu dengan komentar orang lain maka ada cara lain. Komentar orang orang (Netizen/Netijen) di media sosial seperti facebook memang sering makan hati. Sehingga menghindari komentar bisa menjadi salah satu solusi yang bagus.

Dengan mematikan komentar, maka orang lain hanya bisa melihat dan memberikan like pada postingan atau video yang kamu buat. Hal ini tentu saja tidak akan membuatmu terganggu dengan banyaknya notifikasi komentar dan komentar yang berisi kalimat kalimat tidak nyaman.

Pengaturan ini juga terbilang luwes, kamu bisa mengatur komentar ini untuk orang tertentu atau mematikannya sama sekali. Sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Berikut ini adalah langkah langkah cara menonaktifkan komentar di fb.

* Buka Facebook dan login ke akun menggunakan browser HP maupun Laptop
* Klik Dropdown di pojok kanan atas
* Klik ‘Settings’ / ‘Pengaturan’
* Gulir ke bawah dan klik ‘Postingan Publik’
* Klik ‘Edit’ pada bagian ‘Komentar Postingan Publik’
* Klik dropdown, pilih siapa yang boleh berkomentar

Kamu bisa memilih untuk memberikan hak kepada Publik, teman dari teman atau teman.

* Pengaturanmu otomatis akan tersimpan

Nah semudah itu saja cara mematikan komentar pada postingan agar tidak dapat dikomentari semua orang. Kamu tidak perlu melakukan cara menonaktifkan facebook jika alasannya hanya karena komentar yang kamu rasa tidak penting.

4. Cara mematikan pemberitahuan facebook
Hampir sama dengan metode sebelumnya, kamu tidak perlu melakukan cara menonaktifkan facebook jika alasannya adalah karena masalah pemberitahuan atau notifikasi. Kamu bisa membatasi atau tidak menerima notifikasi baik di HP maupun di email.

Facebook memang terbilang ‘rajin’ memberikan notifikasi setiap terjadi sesuatu dengan akun facebook kita. Bahkan termasuk adanya kenangan beberapa tahun lalu atau ada teman ulang tahun pun ada notifikasinya. Sehingga beberapa orang mungkin terganggu dengan adanya notifikasi ini.

Untuk mematikan notifikasi fb, kamu bisa melakukan langkah langkah di bawah ini.

* Buka facebook di browser laptop maupuun di smartphone
* Klik dropdown di pojok kanan atas
* Klik ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’
* Pilih bagian ‘Notifikasi’
* Lakukan pengaturan pemberitahuan apa yang ingin kamu terima

Ada banyak pilihan notifikasi yang bisa kamu atur di halaman ini. Kamu bisa mengaktifkan, menonaktifkan atau mengatur dari siapa notifikasi akan kamu terima. Kamu bisa menonaktifkan bahkan untuk semua notifikasi sehingga kamu hanya akan tahu aktivitas di fb jika kamu membuuka fb.

Metode ini tentu saja cocok untuk kamu yang menggunakan fb pada saat saat tertentu sehingga tidak mengganggu ketika sedang tidak ingin menggunakan facebook.

* Pengaturan akan langsung tersimpan

Nah semudah itu saja cara menonaktifkan notifikasi fb baik di email, browser maupun di smartphone. Kamu bisa mempelajari setiap notifikasi di halaman pengaturan tersebut.

> Baca juga: Cara Membuat Akun Facebook dalam satu Menit

Nah itu tadi beberapa cara menonaktifkan fb dan alternatif lain jika kamu tidak ingin menonaktifkan facebook. Silakan diikuti dengan baik dan tentu saja kamu perlu pertimbangkan dengan baik akan menggunakan metode yang mana. Hal ini berkaitan dengan eksistensi akun facebook kamu ke depannya.

Penggunakan metode nonaktif sementara aku sarankan, karena untuk masuk lagi hanya tinggal login dan kadang dibutuhkan kode generator. Sehingga kamu akan leluasa kapan menggunakan fb kembali.

Sekian dulu bahasan kali ini, semoga kamu berhasil melakukan metode di atas dan menemukan metode yang paling tepat. Semoga membantu dan semoga bermanfaat, aamiin.