Cara Menonaktifkan Facebook Sementara

Home » Cara Menonaktifkan Facebook Sementara dan Permanen

Facebook merupakan sarana ampuh guna memperluas jaringan komunikasi sosial. Facebook benar-benar telah menjadi suatu kekuatan luar biasa dalam kehidupan sosial masyarakat. Akan tetapi, fakta tersebut seketika juga menyulut fenomena bahwa facebook dapat membuat kecanduan. Tidak jarang yang justru ingin tahu bagaimana cara menonaktifkan fb.

Fenomena kecanduan ini dirasa cukup merugikan terutama dari segi waktu. Orang-orang yang beranggapan bahwa dunia maya jauh lebih asyik ketimbang dunia nyata pun semakin meluas. Ini tentu akan menjadi suatu hal negatif karena bisa menimbulkan dampak psikologis yang buruk.

Facebook BuzzersSosial media tidak ubahnya seperti sebuah pisau. Jika Anda cerdas dan bijak dalam menggunakan sosial media, maka hal tersebut dapat sangat memberikan manfaat bagi Anda. Akan tetapi, jika hal sebaliknya yang terjadi maka akan sangat berbahaya. Berikut ini adalah beberapa efek negatif yang dapat ditimbulkan dari penggunaan sosial media.

Benar apa kata pepatah bahwa sehat itu amat mahal. Ungkapan ini begitu sinkron dengan fakta bahwa maraknya penggunaan sosial media dapat menurunkan tingkat kesehatan Anda. Pernyataan ini juga telah diteliti oleh sejumlah peneliti terbaik dunia. Faktanya, apabila Anda sudah terlampau asyik bersosial media maka mata Anda nantinya akan mengalami gangguan. Berat badan juga bisa naik karena hal ini.

2. Mengubah pribadi menjadi lebih individualis
Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan sosial media juga dapat mengubah pribadi seseorang untuk menjadi lebih individualis. Fenomena semacam ini tentu marak Anda jumpai di lingkungan sekitar yakni ketika orang-orang cenderung lebih tunduk pada perangkat smartphone dibandingkan dengan mengobrol secara biasa.

three. Maraknya cyber bullying
Dampak negatif lainnya dari penggunaan sosial media ialah meningkatnya jumlah cyber bullying. Cyber bullying itu sendiri merupakan wujud kekerasan yang dilakukan dalam dunia internet oleh seseorang. Akan tetapi, mayoritas pelaku cyber bullying adalah remaja. Hal ini karena pada masa remaja seseorang cenderung membutuhkan pengakuan atas keberadaan mereka.

4. Meningkatnya tindak kejahatan
Fakta lain yang tidak dapat dihindari dari penggunaan sosial media ialah meningkatnya tindak kejahatan. Ada begitu banyak kasus kejahatan yang bermula dari sosial media. Misalnya, penculikan, penipuan, pembunuhan hingga pemerkosaan. Hal ini juga marak menimpa remaja. Meskipun menambah pertemanan di dunia maya itu baik, akan tetapi Anda tetap perlu waspada.

5. Menciptakan pribadi konsumtif
Tahukah Anda bahwa dengan adanya sosial media, hal tersebut bisa membuat hidup Anda kian menjadi konsumtif. Hal paling sepele adalah pembelian paket information. Keinginan untuk berselancar di dunia maya secara terus-menerus tentu saja dapat menyedot banyak information internet. Hal ini tentu dapat membuat Anda semakin boros.

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Internet Yang Perlu Anda Tahu

Jika mulai resah dengan sosial media, maka Anda bisa langsung membentenginya dengan menonaktifkan akun fb. Tidak melulu harus permanen. Anda bisa coba melakukannya untuk kisaran waktu tertentu. Adapun cara menonaktifkan fb untuk sementara waktu ialah sebagai berikut.

1. Masuk ke akun facebook Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menonaktifkan akun fb ialah dengan login terlebih dahulu pada akun fb tersebut. Anda bisa masukkan nomor telepon atau e mail beserta password untuk masuk ke akun.

1. Ketuk tombol navigasi pada sisi kanan atas Menu menonaktifkan akun

Setelah masuk ke akun, selanjutnya arahkan kursor Anda dan ketuk tombol navigasi pada sisi kanan atas. Tombol navigasi tersebut berbentuk segitiga terbalik. Apabila Anda sudah mengetuk tombol tersebut, berikutnya akan muncul tampilan drop down pilihan.

Setelah muncul pilihan drop down, maka tentukan penggunaan bahasa yang diinginkan. Caranya adalah dengan mengetuk pilihan pengaturan dan cari bahasa yang diinginkan.

1. Pilih pengelolaan akun Nonaktifkan akun facebook sementara

Setelah masuk ke pengaturan, selanjutnya Anda pilih menu pengelolaan akun. Pada menu tersebut akan ditampilkan sejumlah pilihan. Cari dan pilih menu nonaktifkan akun. Nanti ketika Anda memilih nonaktifkan akun, maka akan muncul sejumlah pilihan alasan kenapa Anda ingin melakukan hal tersebut. Berikutnya langsung saja pilih “ini hanya sementara”. Akun Anda berhasil dinonaktifkan untuk sementara.

Cara Menonaktifkan Facebook Permanen
Apabila Anda benar-benar sudah tidak ingin menggunakan facebook, maka bisa langsung menonaktifkannya secara permanen. Adapun cara menonaktifkan facebook untuk selamanya ialah sebagai berikut.

Masuklah ke dalam akun facebook Anda dengan mengisi nomor telepon atau alamat email lengkap dengan password. Langkah ini sama seperti langkah untuk menonaktifkan akun fb secara sementara.

1. Pilih hapus akun Nonaktifkan akun facebook permanen

Cari dan pilih menu pengaturan. Dalam menu tersebut Anda perlu mengetuk opsi hapus akun. Pilihlah alasan untuk menghapus akun secara permanen. Apabila berhasil maka akun fb Anda akan otomatis terhapus dalam jangka waktu tertentu. Anda tidak diperkenankan untuk log in kembali ke dalam akun tersebut.

Untuk mengurangi kecanduan sosial media, ada baiknya jika Anda mencoba cara menonaktifkan fb. Anda masih bisa mengakses facebook apabila menonaktifkannya secara sementara. Yang terpenting Anda harus bijak dalam bersosial media.

Perlu diketahui bahwa Qwords tidak hanya menyediakan informasi tentang teknologi saja, melainkan memiliki layanan penjualan domain hosting murah untuk keperluan web site perorangan, bisnis dan perusahaan. Tunggu apalagi miliki websitemu sekarang juga dengan layanan dari Qwords.

Terima kasih