Cara Menonaktifkan Pemutaran Video Otomatis Di Facebook

Suara.com – Fitur pemutaran video otomatis telah ditemukan di sebagian besar platform media sosial, salah satunya Facebook. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat video yang terputar secara otomatis, setelah memuat halaman atau saat pengguna menggulir halaman dan menemukan unggahan video.

Meski terdengar menyenangkan, bagi sebagian pengguna mungkin fitur pemutaran video otomatis bisa sangat menganggu. Video putar otomatis juga berpotensi berbahaya, membuat pengguna terpapar konten kekerasan, menyinggung, atau konten yang tidak ingin dilihat pengguna secara default.

Namun, pengguna dapat menonaktifkan fitur tersebut di Facebook. Dilansir dari The Verge, Selasa (8/9/2020), berikut cara menonaktifkan pemutaran video otomatis di Facebook:

1. Cara menonaktifkan pemutaran video otomatis Facebook melalui browser

Baca Juga: Bukan Friendster, Ini Media Sosial Populer Pertama yang Diluncurkan

Ilustrasi Facebook. [Kon Karampelas/Unsplash]Jika menggunakan Facebook di browser, buka menu drop-down di kanan atas halaman > pilih Settings & Privacy > Settings. Cari opsi Video di sebelah kiri. Di dalam opsi tersebut terdapat toggle yang dapat menonaktifkan pemutaran video otomatis.

Aktifkan toggle tersebut dan fitur ini akan dinonaktifkan. Sekarang Anda tidak akan lagi melihat video yang terputar otomatis di platform Facebook.

2. Cara menonaktifkan pemutaran video otomatis Facebook melalui Android

Facebook juga memiliki opsi serupa bagi mereka yang menggunakan Facebook di Android. Klik tombol menu di bagian bawah layar. Setelahnya, ketuk Settings & Privacy > Settings.

Gulir ke bawah hingga menemukan opsi Media and Contacts > pilih Videos and Photos. Terakhir, setelah menemukan opsi Autoplay, Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut.

Baca Juga: Siarkan Kematiannya through Live Streaming, Akun Facebook Pria Ini Diblokir

three. Cara menonaktifkan pemutaran video otomatis Facebook melalui iOS

Bagi pengguna Facebook di iOS, cara menonaktifkan pemutaran video otomatis pun tak jauh berbeda dari yang menggunakan Android. Cukup klik tombol menu di kanan atas layar. Setelahnya, gulir ke bawah dan pilih Settings & Privacy > Settings.

Ilustrasi Facebook. [Shutterstock]Gulir ke bawah hingga menemukan opsi Media dan Contacts dan ketuk pada opsi tersebut. Kemudian, pilih menu Autoplay dan setel pengaturan ke opsi Never Autoplay Videos.

Sekarang, pengguna Facebook baik melalui browser atau aplikasi seluler tidak akan melihat video yang akan terputar secara otomatis. Selamat mencoba!