Catat! Ini Rekomendasi 7 HR System Terbaik untuk Perusahaan

Rekomendasi 7 HR system terbaik untuk perusahaan dengan fitur pengelolaan rekrutmen online karyawan, absensi online, izin dan cuti serta penghitungan payroll.

Saat ini kebutuhan akan HR system untuk perusahaan semakin meningkat terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Dalam pengelolaan data karyawan atau sistem informasi kepegawaian secara online dibutuhkan untuk membantu memaksimalkan proses bisnis khususnya dalam pengelolaan HRIS (Human Resource Information System)

Selain fitur rekrutmen online karyawan, absensi karyawan online merupakan beberapa fitur yang bisa menjadi solusi perusahaan dalam pengelolaan karyawHR systeman baik itu calon karyawan dan pengelolaan presensi karyawan.

HR system terbaik pilihan bisa menjadi alternatif dan rekomendasi HR system untuk  memberikan keuntungan utama bagi perusahaan Anda karena Anda dapat memiliki kelompok pelamar yang lebih luas, menghemat waktu dan uang, mengotomatiskan penyaringan lamaran dan berkomunikasi lebih mudah dengan pelamar.

Dalam membantu semua proses tersebut, perusahaan bisa menggunakan perangkat lunak yang disebut HR system atau aplikasi HR. Dari memposting pekerjaan hingga meninjau resume dan mewawancarai kandidat, perangkat lunak perekrutan merampingkan dan mengotomatiskan seluruh pencarian kandidat dan proses perekrutan.

Dengan menghilangkan dokumen dan menawarkan resume yang kuat dan fungsi pencarian kandidat, perangkat lunak memudahkan organisasi untuk menemukan dan mempekerjakan karyawan.

Rekomendasi HR System Terbaik untuk Perusahaan

Tersedia banyak rekomendasi HR system terbaik yang bisa dipilih, berikut adalah tujuh HR system yang bisa kamu implementasikan di perusahaan Anda di tahun 2022 nanti.

1. Talenta by Mekari

Apa itu Talenta by Mekari? Talenta merupakan HR system terbaik saat ini yang berfungsi untuk memberikan solusi kepada perusahaan atau pebisnis untuk pengelolaan karyawan. Baik karyawan dari usaha kecil atau menengah bisa juga dengan bidang retail, bisnis privat, makanan atau minuman serta pelayanan jasa.

Penggunaan aplikasi ini mampu menggatur absensi masuk, monitoring real tome, jadwal shifting, hingga rekap kehadiran otomatis. Jadi keberadaan Talenta ini sangat memudahkan pebisnis atau pengusaha dalam pengoperasian jadwal katyawan, secara akurat, efisien, serta efektif.

Untuk bisa menggunakan Talenta Attendance secara gratis bisa dengan mengunduh di playstore untuk memaksimalkan kinerja. Jadi pengguna bisa lebih fleksibel serta melakukan kontroling dengan mudah serta lebih terjamin akurasinya.

Cara Menggunakan Aplikasi Talenta

Ada beberapa hal yang penting ketika menggunakan Talenta sebagai aplikasi. Cara menggunakannya tentu dengan memberikan semangat tersendiri. Nantinya, karyawan bisa mudah menggunakannya via HP atau Laptop.

Menggunakan Talenta bisa dengan cara mendownload terlebih dahulu bisa dengan PC atau laptop. Kemudian lakukan login dalam aplikasi dan bersiap untuk memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi Talenta tersebut.

Fitur yang ada di Talenta sangat memudahkan penggunanya, baik sebagai karyawan maupun perusahaan dalam memperlancar aktivitas perusahaan terkait absensi, gaji dan fitur lainnya. Hal ini akan memberikan dampak positif serta fleksibilitas dalam pengelolaan karyawan secara menyeluruh.

Selanjutnya jika aplikasi tentang Talenta sudah ada baik via HP atau PC tinggal menggunakannya sesuai kebutuhan. Misalnya saja fitur request time off, fitur tersebut memudahkan karyawan untuk mengambil cuti. Buka aplikasi pilih request time off dan bisa tentukan jatah cuti misal sehari, setengah hari atau beberapa hari.

2. gtHR HR system

gtHR adalah HR system terbaik dari PT. Gamatechno Indonesia dirancang untuk Sistem Informasi Kepegawaian  yang berfungsi membantu menyederhanakan alur kerja kegiatan perusahaan dalam manajemen sumber daya manusia.

Fitur Utama HR system Gamatechno

  • Door Access Attendence System

HR systemIS membantu memudahkan pengelolaan data induk karyawan, data induk calon karyawan / pelamar, data induk keluarga karyawan, dan proses import dari luar melalui file excel

  • Dashboard

HR system ini memiliki fitur yang membantu manajemen perusahaan untuk memantau perkembangan produktivitas karyawan dalam penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik

  • Data Kepegawaian

Dengan sistem informasi kepegawaian akan memudahkan pengelolaan data induk karyawan, data induk calon karyawan / pelamar, data induk keluarga karyawan, dan proses import dari luar melalui file excel

  • Rekrutmen

Dengan HR system proses rekrutmen karyawan jadi lebih mudah dengan analisis data pelamar melalui riwayat kerja pelamar dan kompetensi yang dimiliki

  • Portal Kepegawaian

Portal yang dapat digunakan para karyawan untuk sign in ke akun mereka masing-masing dan mengakses data human resource mereka

  • CMS

Menambahkan konten seperti berita, agenda kegiatan, peraturan dan kebijakan, pengumuman, polling, serta multimedia

  • Payroll

Kemudahkan dalam pengelolaan gaji pegawai dan perhitungan gaji karyawan beserta perhitungan Pph (Pajak Penghasilan)

  • Laporan

Memberikan informasi jumlah kehadiran, jumlah cuti karyawan hingga laporan lembur karyawan

Dengan HR system terbaik dari Gamatechno, proses rekrutmen online karyawan jadi lebih mudah dengan analisis data pelamar melalui riwayat kerja pelamar dan kompetensi yang dimiliki.

Software ini juga nantinya memudahkan dalam pengelolaan data karyawan, pengelolaan payroll gaji dan penghitungan PPh hingga pencatatan proses mutasi.  HR systemIS dari Gamatechno ini juga bisa di sesuaikan dengan kebutuhan atau proses bisnis di masing-masing perusahaan Anda.

3. Manatal

Manatal disebut sebagai perangkat lunak perekrutan berbasis cloud teratas untuk HR perusahaan dan agen perekrutan. Platformnya menawarkan perpaduan unik alat inti Applicant Tracking System (ATS) dan fitur baru didukung AI yang inovatif.

Fitur-fitur mereka telah terbukti sangat berharga dalam menyederhanakan aktivitas seperti pencarian kandidat dan penyaringan, serta membantu memanfaatkan basis data kandidat besar yang ada.

Yang paling unik, Manatal menyediakan fitur pelacakan profil kandidat di media sosial, dan fitur yang digerakkan oleh AI seperti rekomendasi kandidat dan penilaian.

4. Zoho Recruit

Mengklaim sebagai perangkat lunak perekrutan all-in-one, Zoho Recruit menangani setiap aspek rekrutmen, baik itu daftar permintaan pekerjaan, penjadwalan wawancara, atau menemukan kandidat yang tepat. Alat ini terutama membantu pekerjaan SDM perusahaan, agen kepegawaian, agen perekrutan dan agen kepegawaian sementara.

Dengan pelacakan interaksi, penyaringan latar belakang, portal layanan mandiri, pemeriksaan referensi dan penguraian resume hingga memperbarui jadwal wawancara,. Zoho Recruit membuat pekerjaan perekrutan menjadi jauh lebih sederhana.

5. BambooHR

Salah satu software perekrutan dan manajemen kinerja paling populer selanjutnya BambooHR. Perangkat lunak rekrutmen terutama berfokus pada membantu usaha kecil dan menengah untuk menyelesaikan proses rekrutmen mereka.

Sistem pelacakan pelamar di BambooHR juga menawarkan kepada Anda template surat penawaran yang dapat disesuaikan, sistem surat otomatis dan rangkaian lengkap fitur preboarding serta onboarding.

6. Lever

Lever recruitment software akan membantu Anda dalam mencari, mewawancarai, dan merekrut talenta terbaik. Sebab, Lever menggabungkan sistem pelacakan pelamar yang kuat dan fungsionalitas CRM untuk memberikan layanan yang efisien dalam hal menemukan dan merekrut talenta baru.

Lever memberikan tiga solusi untuk membantu Anda dalam proses perekrutan, Lever Hire, Lever Nurture, dan Lever Analytics. Sistem dapat diintegrasikan dengan banyak alat. Alat pengungkit cocok untuk semua jenis usaha, baik kecil, menengah, maupun besar.

7. JazzHR

JazzHR adalah sistem pelacakan pelamar dan perangkat lunak rekrutmen yang membantu dalam keseluruhan proses rekrutmen. Ia memiliki fitur yang memfasilitasi permintaan pekerjaan, pelacakan kandidat, penjadwalan wawancara, penguraian resume, pelacakan interaksi, dan penyaringan latar belakang.

Salah satu kemampuan paling mengesankan dari JazzHR adalah dapat membantu Anda mengelola daftar kandidat dan mengambilnya dengan satu klik karena terintegrasi dengan LinkedIn.

Itulah tujuh rekomendasi HR system terbaik yang ada saat ini.  Sekarang HR system mana yang menjadi pilihan terbaik untuk perusahaanmu?