Kelebihan dan Kekurangan Beli Rumah Di Kampung

Saat ini semakin banyak orang yang memilih untuk tinggal di area pedesaan. Tentu saja berbagai hal yang bisa dijadikan alasan mengapa demikian. Namun salah satu alasannya tentu saja karena tinggal di area perkampungan jauh dari kebisingan kota. Selain itu, area kampung juga sangat asri dan tentu saja harganya terjangkau. Tidak heran mengapa Anda bisa menemukan banyak tawaran menarik untuk rumah-rumah di kampung, salah satunya di Semarang. Anda bisa dengan mudah menemukan orang yang jual rumah kampung murah di Semarang atau daerah lainnya yang cukup jauh dari perkotaan.

Berikut ini akan dibahas tentang kelebihan dan kekurangan memilih rumah pedesaan. Meski nyaman, tentu saja ada beberapa hal yang dianggap menjadi nilai minus memilih rumah di desa.

Kelebihan

1. Harga Tanah Relatif Murah

Kelebihan yang pertama, tentu saja untukĀ  tanah area pedesaan harganya relatif jauh lebih murah dibanding harga tanah di kota. Anda yang punya anggaran terbatas, cocok sekali memilih rumah di desa baik saat ingin membangun rumah atau langsung membeli rumah yang sudah jadi.

Dengan biaya harga tanah dan rumah yang minim, Anda bisa menggunakan dana sisanya untuk keperluan lain. Misalnya untuk ditabung sebagai dana pendidikan anak atau diinvestasikan.

2. Persaingan Harga Masih Cukup Langka

Di desa, tentu saja persaingan harga jauh lebih sedikit dibanding area perkotaan. Ini salah satu penyebab mengapa harga lahan di desa jauh lebih rendah. Jika anda berencana untuk memilih desa sebagai tempat tinggal maka tidak perlu repot untuk membandingkan penawaran harga tanah.

Anda justru akan mendapatkan keuntungan yakni memilih rumah di area yang diincar dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini tentu sangat efisien bagi yang sedang melakukan penekanan budget.

3. Lebih Mudah Berkembang

Biasanya ketika membeli lahan di di area pedesaan, Anda tidak hanya bisa mendapatkan lahan dan rumah tapi juga terdapat sisa tanah yang luas. Ini dari sisi ekonomi tentu saja sangat menguntungkan karena membuat anda lebih mudah untuk berkembang di desa.

Yaitu dengan melakukan cocok tanam, memelihara hewan atau membangun rumah sewa. Di desa untuk peraturan dan hukum, umumnya masih jauh lebih longgar dibanding area perkotaan yang peraturannya cukup ketat. Namun tetap tidak boleh menyalahi peraturan pemerintah setempat.

4. Rumah Yang Asri

Tentu saja tempat tinggal di desa memiliki lokasi yang lebih asri dan bersih. Apalagi misalnya Anda memilih tinggal di desa yang dekat pegunungan, tentu akan merasakan kesejukan setiap saat dan udara juga masih sangat bersih. Sehingga Anda terhindar dari yang namanya polusi udara yang mengandung banyak bakteri dan membawa penyakit.

Untuk air di desa jauh lebih bersih dibanding perkotaan, ketersediaan air juga sangat cukup. Anda tidak akan merasakan yang namanya kekurangan air saat tinggal di area perkampungan.

5. Rumah yang Nyaman Sebagai Tempat Tinggal

Rumah di kampung tidak hanya asri tapi juga nyaman untuk ditinggali. Penduduk di desa, masih memiliki tingkat keramahan yang tinggi dan juga saling peduli terhadap orang di sekelilingnya. Selain itu masyarakat desa juga masih menjunjung tinggi tata krama.

Sangat berbeda dengan masyarakat perkotaan yang cenderung cuek meski dengan tetangga sekitar. Lokasi rumah yang nyaman untuk ditinggali tentu saja sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan juga mental.

Kekurangan

1. Fasilitas Publik Masih Kurang

Beberapa kekurangan dari tinggal di desa yang utama adalah masalah fasilitas. Area pedesaan biasanya untuk menjangkau fasilitas publik yang lengkap, terbatas oleh jarak. Mulai dari rumah sakit, sarana pendidikan hingga kantor pemerintahan biasanya meski akses lancar tapi jaraknya jauh.

Jadi jika keadaan darurat seperti misalnya sedang sakit parah dan butuh pertolongan ke rumah sakit yang fasilitasnya lengkap, cukup menyusahkan. Mungkin saja ada rumah sakit tetapi fasilitasnya tentu tidak secanggih di perkotaan.

2. Biaya Perawatan Lahan Lebih Tinggi

MembeliĀ  rumah sekaligus lahan maka akan ada biaya tambahan untuk perawatan tanah. Apalagi jika tanah yang Anda beli dipakai untuk bercocok tanam, maka tanah harus steril dari hama dan juga terhindar dari banyak hewan berbahaya.

Hal ini karena rumah pedesaan masih dikelilingi dengan area sawah hingga perkebunan dan rumah yang masih jaraknya jarang. Jadi ini salah satu PR anda, untuk diselesaikan ketika memilih tinggal di desa.

3. Pilihan Kesempatan Kerja Sedikit

Perlu diketahui pula bahwa ketika tinggal di kampung maka pilihan kesempatan kerja lebih sedikit dan cenderung cukup susah dibanding di kota. Ini juga menjadi alasan kenapa banyak orang yang merantau dari desa ke kota.

Namun jika Anda bisa bekerja secara jarak jauh hal seperti ini tentu tidak menjadi kendala yang menyusahkan. Bahkan tinggal di pedesaan sangat cocok bagi yang ingin bekerja dengan tenang dan damai tanpa kebisingan.

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan memilih tinggal di kampung. Untuk yang sedang mencari perumahan di area kampung, maka Anda bisa memanfaatkan platform yang memudahkan baik jual maupun beli rumah di desa. Rumah.com bisa menjadi pilihan tepat dan cepat untuk membantu Anda menemukan properti di area kampung, di manapun wilayahnya.

Bahkan platform ini juga membantu Anda untuk menemukan rumah baru dan juga rumah bekas, kontrakan, apartemen, perumahan dan masih banyak lagi. Di platform ini, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan seputar properti yang langsung akan dijawab oleh pakar properti di komunitas Rumah.com. temukan properti idaman Anda yang tersebar di berbagai kota dan juga provinsi di Indonesia hanya dari Rumah.com.