Simak Cara Jual Rumah Secara Online Agar Cepat Laku, Berikut Ini!

Saat menjual rumah, tentu orang-orang menginginkan properti tersebut agar cepat laku supaya dananya bisa dipakai untuk berbagai hal. Dengan teknologi yang semakin canggih, banyak orang yang menginginkan cara menjual rumah secara online dibanding offline. Alasannya adalah agar rumah lebih cepat laku dalam waktu yang cepat.

Apalagi untuk orang-orang yang berada di kota besar seperti area Jakarta Selatan dan area-area lainnya se-Jabodetabek. Tidak heran Anda bisa menemukan banyak properti rumah dijual di Jakarta Selatan dan kota-kota besar lainnya secara online.

Tips Jual Rumah Cepat Laku

Bagi Anda yang baru pertama sekali ingin menjual rumah secara online, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti agar properti tersebut lebih cepat laku dan jatuh ke orang yang tepat.

1. Survei Harga Terlebih Dahulu

Anda yang baru pertama ingin beli rumah, maka pastikan sudah melakukan survei terlebih dahulu. Survei yang dilakukan adalah seputar mengetahui harga pasaran rumah di daerah Anda. Setiap daerah, tentu memiliki patokan harga berbeda-beda untuk harga rumah dan juga harga tanah.

Biasanya harga rumah juga dilihat dari lokasi rumah tersebut. Untuk rumah di lokasi yang strategis seperti di pusat kota misalnya, dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding di pinggiran kota atau di pedesaan.

Anda juga perlu tahu bahwa menentukan harga sebuah properti didasarkan pada NJOP atau nilai jual objek pajak. Setelah itu, akumulasikan total biaya pembangunan rumah. Untuk harga rumah dipatok lebih tinggi dari NJOP.

2. Tawarkan Harga Yang Tepat

Setelah melakukan survei harga rumah, selanjutnya Anda harus mengetahui harga yang tepat untuk ditawarkan saat penjualan rumah. Untuk pemasangan harga rumah maka tidak boleh terlalu mahal atau terlalu murah.

Bagi yang ingin menjual rumah dengan harga lebih tinggi dari rata-rata pasaran adalah sebuah kesalahan yang membuat rumah Anda justru lebih lama laku. Namun tidak boleh juga menjual rumah terlalu murah karena bisa membuat calon pembeli curiga. Misalnya saja, orang-orang akan menganggap rumah yang Anda jual dengan harga murah memiliki resiko terdapat masalah kedepannya.

3. Pakai Jasa Agen Properti

Karena Anda adalah seorang pemula maka akan lebih baik jika menggunakan jasa agen properti. Namun pastikan bahwa, Anda menggunakan agen properti yang memang terpercaya dengan kredibilitas yang tinggi.

Hal ini juga bisa menjadi pilihan bagi yang tidak ingin melakukan negosiasi harga rumah yang cukup rumit,  Anda bisa meminta bantuan agen properti. Agen properti akan membantu untuk proses penjualan rumah sampai terjadi transaksi.

Perlu diketahui bahwa agen properti, jasanya harus dibayar sesuai dengan tarif dan kesepakatan. Maka dari itu sebaiknya jika tidak punya budget lebih untuk membayar jasa tersebut, urungkan niat untuk memakainya.

4. Sosial Media Sebagai Ajang Promosi

Tentu saja ketika ingin jual rumah cepat maka Anda bisa memanfaatkan media sosial. Ada banyak platform media sosial yang bisa digunakan mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram bahkan iklan di YouTube. Menggunakan promosi lewat media sosial, terkenal lebih ampuh dan juga efisien.

Anda tinggal memasukkan foto atau video rumah yang akan dijual dengan resolusi terbaik lalu tambahkan caption atau informasi seputar rumah secara lengkap. Jangan lupa menambahkan nomor handphone atau WhatsApp yang bisa dihubungi ketika ada calon konsumen yang tertarik dengan rumah Anda.

Selain sosial media, Anda juga bisa memanfaatkan email marketing. Cara kerja dengan menggunakan email marketing yaitu Anda mengirimkan penawaran properti lewat email ke sejumlah konsumen yang sudah tertarget.

Pada email yang dikirim terdapat rincian informasi seputar rumah sekaligus arahan untuk pengajuan dan pembelian secara online. Sehingga bagi yang tertarik dengan rumah Anda, bisa langsung mengklik banner atau link yang ada pada isi email.

5. Menggunakan Situs Jual Beli

Anda juga cara menjual rumah agar cepat laku secara online dengan memanfaatkan situs jual beli properti. Cara untuk mengiklankan rumah Anda di situs ini juga sangat efektif. Anda bisa langsung membuat akun pada situs atau platform tersebut atau bisa juga dengan menghubungi pihak call center dari situs web jual beli.

Namun sebelum mengiklankan rumah, pastikan bahwa anda punya foto sempurna iklan yang akan dipajang dengan caption menarik.

6. Jangan Lupa Melakukan Renovasi Rumah

Setelah mengiklankan rumah secara online lewat berbagai media, jangan lupa juga untuk melakukan renovasi pada rumah. Ketika orang tertarik pada rumah Anda, pastinya orang tersebut akan melakukan survei secara langsung ke lokasi rumah.

Bagaimana jadinya jika orang-orang tertarik pada rumah Anda lewat foto namun saat mengunjungi rumah tersebut berbeda dengan kenyataannya, tentu saja calon pembeli akan kecewa. Maka dari itu, pastikan perbaiki tampilan rumah tidak hanya dari luarnya saja tapi juga dalam rumah.

Perhatikan detail pada rumah anda baik yang besar maupun yang kecil. Misalnya dengan mengganti cat rumah, menggunakan pagar rumah, menambah taman, perbaiki area dapur dan kamar mandi dan masih banyak lagi.

Jadi itu tadi beberapa trik yang bisa Anda terapkan ketika ingin menjual rumah secara online. Untuk Anda yang sedang ingin menjual rumah, juga bisa melakukan promosi di situs terdepan di Indonesia yaitu Rumah.com. Situs ini akan membantu Anda untuk bertemu dengan calon pembeli rumah yang tepat dan transaksi yang aman.

Selain jual beli rumah, Rumah.com juga menyediakan penawaran berbagai properti untuk dibeli dan disewa. Tidak hanya rumah dengan berbagai tipe dan konsep, tapi juga apartemen.