Tips Lapor Pajak Online Lewat E-Filing yang Mudah dan Cepat!

Zaman sekarang semua serba praktis, tak terkecuali untuk pelaporan pajak. Ya, telah tersedia cara lapor pajak online lewat e-Filing yang tentunya memudahkan para wajib pajak dalam membayar serta melaporkan pajak mereka.

Nah, kalau kamu masih belum terlalu paham bagaimana tata caranya, jangan khawatir. Sebab Kami telah merangkumnya secara terperinci di sini. Check it out!

Apa itu e-Filing?

E-filing adalah metode pelaporan pajak online. Cara lapor pajak secara online tidak lagi memerlukan kehadiran secara fisik, melainkan dapat dilakukan melalui website resmi Direktorat Jenderal Pajak atau aplikasi resmi seperti e-filing ASP BRI, SPT (Sarana Prima Telematika) OnlinePajak, dan Pajakku.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui cara  lapor pajak online, kamu harus memiliki EFIN terlebih dahulu. Electronic Filing Identification Number atau EFIN adalah nomor yang digunakan sebagai semacam kode pengenal ketika melakukan pembayaran pajak secara online.

Untuk mengetahui bagaimana cara lapor pajak online dan persiapannya, simak penjelasan berikut baik-baik.

Persiapan untuk Lapor Pajak Online

Secara umum, cara lapor pajak online pribadi dan badan usaha tidak jauh berbeda. Wajib pajak pribadi baik karyawan swasta, pegawai pemerintah, dan juga wirausaha harus memiliki EFIN. Sedangkan bagi badan usaha, mereka diwajibkan memiliki sertifikat elektronik.

Terdapat tiga hal yang harus dipersiapkan dalam pembahasan cara melapor pajak online kali ini. Pertama, Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP digunakan oleh wajib pajak untuk mendapatkan EFIN. Kedua, setelah kamu mendapatkan NPWP, cara lapor pajak online pribadi selanjutnya adalah pembuatan EFIN.

Nah, yang terakhir, dengan menggunakan NPWP dan EFIN tersebut, kamu dapat mengakses akun di website DJP Online.

Selain EFIN dan NPWP, dokumen apa saja yang dibutuhkan sebagai syarat tata cara lapor pajak secara online?

Cara lapor pajak online tahunan memerlukan dua macam berkas yaitu formulir dan dokumen. Dokumen yang dipersiapkan adalah:

  1. Daftar penghasilan
  2. Daftar tanggungan keluarga
  3. Pembayaran zakat dan sumbangan sosial lain
  4. Daftar harta dan utang
  5. Laporan keuangan (bagi badan usaha)

Tidak hanya dokumen di atas, cara lapor pajak online perusahaan dan pribadi juga membutuhkan formulir dengan format yang sudah tersedia. Jenis formulirnya adalah sebagai berikut.

1. Formulir 1770

Formulir 1770 adalah formulir untuk wajib pajak pribadi pengusaha yang mendapatkan penghasilannya baik dari Indonesia maupun luar negeri.

2. Formulir 1770S

Bagaimana cara lapor pajak online pribadi bagi wajib pajak karyawan dengan penghasilan lebih dari 60 juta per tahun? Gunakan formulir 1770S dan tidak lupa dokumen pendukungnya.

3. Formulir 1770SS

Penghasilan pertahun kamu kurang dari 60 juta? Bukan berarti kamu tidak wajib membayar pajak ya! Tata cara lapor pajak online bagi wajib pajak pribadi berpenghasilan kurang dari 60 juta harus menggunakan formulir 1770SS. Siapkan juga dokumen lain sesuai kebutuhan.

4. Formulir 1771

Apakah wajib pajak hanya merupakan pribadi? Bagaimana dengan perusahaan? Nah, cara lapor pajak online perusahaan tidak berbeda jauh dengan wajib pajak pribadi. Hanya saja, perusahaan wajib menggunakan formulir 1771 dalam pelaporannya.

Terlihat mirip, lalu apa yang membedakan formulir 1771 dan 1770? Pemilik badan usaha dapat menggunakan formulir 1770 sedangkan formulir untuk badan usahanya adalah 1771.

Cara Mendapatkan EFIN

Jika kamu telah memahami dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pelaporan pajak, langkah selanjutnya adalah menyiapkan EFIN. Langkah pembuatan EFIN adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke laman pajak.go.id dan temukan fitur pembuatan EFIN. Pastikan koneksi internet kamu stabil, ya.
  2. Setelah mendaftarkan akun lalu unduh formulir EFIN.
  3. Masih dalam website yang sama, akses laman pembuatan EFIN.
  4. Isilah formulir NPWP.
  5. Ikuti instruksi selanjutnya kemudian unggah foto kamu.
  6. Setelah selesai, pemberitahuan akan dikirim ke email yang kamu daftarkan.
  7. Untuk mengakses file EFIN tersebut, kamu membutuhkan 6 digit kata sandi yang diambil dari NPWP.

Cara Registrasi DJP Online

Setelah melakukan semua langkah di atas, cara lapor pajak online selanjutnya adalah registrasi akun di DJP online.

Pertama, buka website djponline.go.id. Setelah memilih opsi “belum registrasi”, isikan NPWP, EFIN, serta kode keamanan pada laman pendaftaran. Setelah itu verifikasi data diri kamu.

Pada tahap ini, sistem akan mengirimkan email yang harus dikonfirmasi. Jadi, pastikan emailmu aktif ya. Jika sudah menerima email, klik tautan di dalamnya dan pastikan kamu login lagi menggunakan NPWP dan kata sandi yang telah dibuat. Mudah bukan?

Tata Cara Lapor Pajak Online lewat e-Filing

Tata cara lapor pajak online berikut ini adalah langkah terakhir dalam pelaporan pajak. Simak yuk!

  1. Buka laman djponline.go.id. Login dengan menggunakan NPWP dan kata sandi.
  2. Temukan fitur e-filing.
  3. Mulailah pelaporan pajak pada pilihan “Buat SPT”.
  4. Terdapat formulir singkat SPT yang akan muncul.
  5. Setelah itu pilih jenis SPT. Sesuaikan dengan identitas, semisal 1770S untuk penghasilan 60 juta ke atas dan 1770SS untuk penghasilan kurang dari 60 juta. Lalu isilah formulirnya.
  6. Jika selesai mengisi formulir SPT, akan muncul ringkasan SPT. Ikuti instruksi yang tertera pada halaman.
  7. Terakhir, cara lapor pajak online tahunan adalah buka email kamu dan pastikan kamu telah menerima Bukti Penerimaan Elektronik SPT tahunan.

Bagaimana? Mudah bukan tata cara lapor pajak online lewat e-Filing ini? Cukup menggunakan smartphone atau laptop kamu sudah bisa melakukan pelaporan. Jadi, yuk lapor pajak tepat waktu!

Makin Mudah Kelola Pajak dengan Klikpajak by Mekari

Klikpajak by Mekari merupakan platform berbasis website untuk lapor, kelola, dan melakukan pembayaran pajak secara daring untuk wajib pajak badan maupun pribadi.

Sebagai salah satu PJAP mitra resmi dari DJP, Klikpajak by Mekari berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses bagi wajib pajak untuk melakukan pelaporan pajak dengan mudah, aman, dan terpercaya, apalagi di masa lapor SPT tahunan ini.

Dilansir dari https://klikpajak.id/aplikasi-pajak-online/e-filing/, sejak 2018, Klikpajak by Mekari telah membantu sekitar 50,000 pemilik bisnis di Indonesia dalam pengelolaan pajak melalui fitur seperti e-filing, e-billing, e-faktur, dan e-bupot yang diperbarui secara berkala sesuai dengan ketentuan dan pembaruan dari DJP. Dengan adanya pandemi saat ini, Klikpajak by Mekari menjadi solusi yang relevan dan alternatif yang tepat bagi wajib pajak untuk taat lapor SPT tahunan secara tepat waktu tanpa perlu cemas tatap muka.

Kemudahan yang Diberikan

Beberapa kemudahan yang dihadirkan Klikpajak by Mekari untuk wajib pajak badan dalam mengelola perpajakan dengan lebih efektif dan efisien, antara lain:

1. Penerapan teknologi berbasis cloud yang terintegrasi

Dengan teknologi cloud, wajib pajak bisa langsung melaporkan SPT dengan mudah dan seluruh dokumen langsung tersimpan dalam fitur arsip pajak. Hal ini akan memudahkan wajib pajak badan untuk mengelola dokumen perpajakan, sehingga saat waktunya lapor SPT Tahunan tidak lagi mencari dokumen yang tercecer.

2. Fitur – fitur yang sesuai dengan sistem dari DJP

Sebagai mitra resmi DJP, Klikpajak by Mekari memastikan selalu comply dengan pembaruan fitur sesuai dengan sistem yang diterapkan DJP. Fitur – fitur yang dimiliki oleh Klikpajak antara lain e-filing, e-faktur 3.0, e-bupot, dan e-billing terbaru yang membantu wajib pajak badan membuat kode billing dan melakukan pembayaran billing secara langsung melalui Virtual Account dari bank terpilih yang telah terintegrasi dengan Klikpajak.

3. Keamanan data wajib pajak

Klikpajak by Mekari memastikan database wajib pajak badan tersimpan secara aman dan terpusat, didukung oleh sertifikasi ISO 27001 yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Wajib pajak badan bisa menggunakan fitur – fitur yang ada di platform Klikpajak by Mekari dengan menggunakan paket Starter mulai dari Rp 0,-. Untuk mulai berlangganan dan mendapatkan informasi serta tutorial penggunaan fitur Klikpajak secara komprehensif dapat diakses di www.klikpajak.id.